Cara Mengobati Penyakit Asam Urat

Pengobatan asam urat dapat dibantu dengan berbagai jenis obat generik yang banyak dijual di apotik melalui resep dokter atau dapat pula melakukan pengobatan secara alami dengan obat alami seperti menggunakan cuka apel, larutan baking soda dan sebagainya.

Meskipun demikian, masih belum ada literatur ilmiah yang menyebutkan bahwa cuka apel bagus untuk gout atau asam urat. Namun, cukup banyak yang membuktikan bahwa cuka apel bermanfaat untuk meredakan serangan gout. Cuka apel bersifat asam sehingga harus berhati-hati dalam mengkonsumsinya. Cuka apel memang memiliki efek samping yang umum terjadi seperti menyebabkan rusaknya lapisan pelindng gigi (email) dan teriritasinya kerongkongan.

Untuk meredakan asam urat, sebagian cuka apel harus melewati proses pencernaan di lambung dan usus, sedangkan sebagian lainnya akan diuraikan lalu dibuang. Cuka apel juga dapat membuat kondisi usus lebih asam dari kondisi normalnya. Hal ini mengakibatkan bakteri E.coli di usus besar tidak dapat tumbuh. Padahal bakteri ini cukup bermanfaat untuk membusukkan sisa-sisa makanan dan menghasilkan vitamin K. Oleh karenanya harus berhati-hati dalam mengkonsumsi cuka apel. Cuka apel perlu dilarutkan dahulu sebelum diminum.

a. Larutan cuka apel untuk membantu mengatasi asam urat

Bahan yang diperlukan :

- 2 sendok makan cuka apel
- 2 sendok makan madu asli
- 250 ml air hangat

Cara membuat :

Campur semua bahan. Aduk rata. Siap untuk dikonsumsi.

Selain cuka apel dapat digunakan untuk mengatasi asam urat, dapat pula menggunakan larutan baking soda atau yang lebih dikenal dengan natrium birkarbonas yang biasa digunakan untuk membuat kue, agar kue dapat mengembang dengan baik. Soda kue ini juga bermanfaat dalam terapi gout.

Larutan baking soda dapat diminum sebelum tidur malam, dan tiap 2-4 jam saat perut tidak seberapa penuh oleh makanan. Larutan ini dapat dikonsumsi maksimal 7 kali dalam sehari selama 2 minggu. Hal ini bisa membuat indometasin dan OAINS lainnya lebih efektif dan berpeluang menurunkan resiko gout.

b. Larutan Baking Soda

Bahan yang diperlukan :

- 1/2 sendok teh Baking soda
- 250 ml air hangat

Cara membuat :

Campur semua bahan. Aduk rata. Siap untuk dikonsumsi.

Baking soda dapat meningkatkan tekanan darah karena mengandung natrium yang mampu menarik air. Dengan demikian, pemakaian baking soda ini harus diwaspadai oleh mereka yang mengalami hipertensi. Kalau sedang melakukan terapi baking soda, hentikan konsumsi garam dapur dan pantaulah tekanan darah. Jika ada tanda-tanda pusing, nyeri kepala, mual, atau jantung berdebar, hentikan terapi baking soda dan segera berkonsultasi dengan dokter terkait.

Dari 8.000 pria yang sudah mencoba, sebanyak 5.000 diantaranya mengatakan bahwa kondisinya membaik. Hal ini disebabkan tingkat keasaman darah kita normalnya 7, 35 – 7, 45. Perubahan sedikit saja dari pH darah bisa berpengaruh pada berbagai metabolisme zat dalam tubuh, termasuk asam urat.

Asam urat yang bersifat asam, tetapi termasuk asam lemah. Asam urat yang ada di cairan sendi tidak akan mencetuskan serangan gout sebelum mengendap menjadi kristal dan dimakan oleh sel-sel kekebalan tubuh. Dengan adanya baking soda, pH darah kita menjadi naik, yakni menjadi sedikit lebih basa. Kenaikan ini tidak membawa efek merugikan bagi tubuh karena sangat sedikit. Namun, kenaikan pH yang sangat tipis ini membuat asam urat tidak mengendap menjadi kristal, terapi larut kembali ke dalam darah. Dengan demikian, asam urat mudah diekskresi melalui ginjal.


=====================================

>>> Kapsul Sidaguri, TERBUKTI Membantu Meredakan Pegal Linu, Nyeri Sendi Dan Membantu Menurunkan Kadar Asam Urat, Klik Detail Disni!
=====================================


This entry was posted in Obat Asam Urat and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>