Obat Asam Urat dan Rematik

Obat asam urat yang dapat membantu mengurangi produksi dan penyebab asam urat adalah cara mengendalikan asupan makanan yang tinggi purin. Asam urat sendiri dapat membawa dampak buruk bagi timbulnya gangguan kesehatan lainnya yang masih berhubungan dengan asam urat seperti rematik.

Para ahli menegaskan, asam urat dan rematik merupakan penyakit yang pengobatannya harus segera dilakukan. Khusus untuk asam urat, jika kadarnya dibiarkan di atas 7mg% kristal monosodium urat yang menumpuk dalam ginjal bisa mengakobatkan batu ginjal. Bahkan, bisa merusak jaringan ginjal yang bisa berujung pada terjadinya gagal ginjal. Tidak itu saja, disinyalir asam urat memicu timbulnya tekanan darah tinggi, jantung koroner dan diabetes.

Di pasaran beredar obat untuk rematik dan asam urat. Namun, obat tersebut hanya mengatas rasa sakit untuk sementara waktu. Setelah beberapa saat, rasa nyeri atau sakit timbul kembali. Obat yang dapat mengurangi kadar asam urat berlebihan dalam darah juga belum ada. Yang tersedia adalah obat untuk menekan produksi asam urat. Pastinya obat tersebut tidak sepenuhnya aman. Diketahui konsumsi pain killer yang berkepanjangan bisa mengakibatkan kerusakan lambung dan ketergantungan obat.

Untuk mengobati asam urat dan rematik, sebenarnya dapat mengontrol kesehatan sendiri sebelum terjadi serangan yang lebih berbahaya. Perawatan sendiri merupakan usaha dan obat yang paling mudah dan tentunya aman.

1. Olaharga ringan

Olahraga yang teratur memperbaiki kondisi kekuatan dan kelenturan sendi serta memperkecil risiko terjadinya kerusakan sendi akibat radang sendi. Selain itu, olahraga memberi efek menghangatkan tubuh sehingga mengurangi rasa sakit dan mencegah pengendapan asam urat pada ujung-ujung tubuh yang dingin karena kurang pasokan darah.

2. Diet

Khusus untuk asam urat, diet merupakan bagian yang sangat penting untuk mengatasinya. Yang perlu diingat, turunkan kadar asam urat secara perlahan. Diet yang terlalu ketat malah membuat timbulnya serangan akut berikutnya. Berikut ini syarat diet untuk penderita asam urat :

- Batasi asupan makanan tinggi purin

Penderita yang sudah mengalami pembengkakan sendi seharusnya tidak mengkonsumsi makanan yang berpurin. Namun, menghindari makanan sumber protein hampir tidak mungkin dilakukan. Yang bisa dilakukan adalah membatasi asupan purin menjadi 100-150 mg/hari.

- Cukup kalori

Sesuaikan kebutuhan kalori dengan berat badan dan tinggi badan. Bagi penderita yang mebgalami kelebihan berat badan, kurangi asupan kalori. Namun, perlu diingat bahwa asupan kalori yang terlalu sedikit juga meningkatkan kadar asam urat. Hal ini disebabkan produksi keton bodies yang mengurangi pengeluaan asam urat melalui urine.

- Tinggi karbohidrat

Konsumsi karbohidrat kompleks, seperti ubi, singkong, nasi dan roti untuk meningkatkan pengeluaran asma urat. Konsumsi karbohdirat ini tidak kurang 100 gram per hari. Namun hindari konsumsi karbohidrat sederhana seperti permen, gula, sirop dan gulali. karbohidrat jenis ini dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah.

- Rendah protein

Makanan sumber protein dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah. terutama pada protein hewani, kadar purin yang dikandungnya tinggi. Oleh karena itu, asupan yang dianjurkan bagi penderita asam urat adalah 50-70 gr/hari.

- Rendah lemak

Lemak dapat menghambat pengeluaran asam urat melalui urine. Oleh karena itu,, hindari makanan yang digoreng, bersantan, serta margarin dan mentega. Konsumsi lemak yang dianjurlkan adalah 15% dari total asupan kalori/hari.

- Tinggi cairan

Cairan dapat membantu mengeluarkan asam urat melalui urine. Cairan yang dikonsumsi bisa berasal dari air putih dan buah-buahan. Hindari buah seperti alpukat, durian karena mengandung lemak tinggi serta nanas karena kadar alkoholnya tinggi.

- Tanpa alkohol

Alkohol mengandung purin tingii dan sekaligus menghambat pengeluaran asam urat dari tubuh.


=====================================

>>> Kapsul Sidaguri, TERBUKTI Membantu Meredakan Pegal Linu, Nyeri Sendi Dan Membantu Menurunkan Kadar Asam Urat, Klik Detail Disni!
=====================================


This entry was posted in Obat Asam Urat and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>